Acara Entrepreneur Invasion pada tanggal 28 November 2012 kemarin berhasil mengundang banyak peserta, baik dari kalangan mahasiswa ataupun para profesional muda. Di acara tersebut, selain mengikuti Seminar, Talkshow & Workshop, di akhir acara peserta juga diajak untuk menggali ide kreatifnya dalam membuat solusi untuk “Mengatasi Masalah Musim Hujan di Kota Jakarta”. Ide yang paling kreatif akan memenangkan hadiah Website Design Package dari Seratus Company.
Setelah mempelajari keseluruhan ide yang masuk dari peserta dan menentukan hasil akhir dengan beberapa aspek penilaian, yaitu dari segi kreatif, sosial dan bisnis, maka terpilihlah Adryan Hafizh sebagai pemenang. Mari mengenal lebih dekat dengan pemenang kompetisi ide dalam Entrepreneur Invasion 2012 melalui sesi tanya jawab seputar ide yang diajukan dan persepsinya tentang Entrepreneurship di Indonesia.
Bisa tolong diceritakan sedikit mengenai diri Anda?
Saya lulusan Bisnis Management, Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2012.
Keluarga saya memiliki bisnis yang bergerak di bidang properti, hal ini membuat saya tergerak untuk memilih jurusan Bisinis dan memutuskan bekerja dalam industri kreatif. Sekitar tahun 2009 saya memutuskan bersama teman-teman membentuk seni teater dan menjadikannya sebuah bisnis. Di pertengahan tahun 2011, seorang teman mengajak untuk merambah bisnis ke sektor food & beverage, dan Alhamdullilah di tahun ini bisnis tersebut sudah menginjak usia 1 tahun. Saya sangat senang berada di lingkungan yang produktif, karena akan mengubah mindset untuk menjadi lebih sukses. Dengan adanya dukungan dalam lingkungan saya, saat ini saya berani mencoba bisnis Digital yang berprinsipkan Collaborative Consumption.
Dari mana anda mendapatkan ide mengenai topik yang diberikan?
Bermula terhadap pandangan saya mengenai perilaku kaum urban, dimana anak muda sekarang memiliki daya beli tinggi, namun tidak memaksimalkannya untuk sumber daya yang belum terjamah. Sekarang ini sebaiknya masyarakat mengubah cara berpikir mereka dengan memaksimalkan apa yang mereka punya untuk berbagi dengan orang lain. Hal ini disebut dengan gaya hidup Collaborative Consumption.
Bisa tolong dijelaskan mengenai solusi yang anda ajukan?
Solusi ini bersifat menyeluruh dan incremental innovation atau inovasi merubah hal-hal kecil di dalam aktifitas sehari-hari. Jakarta Integrated Traffic Creative Solution sebagai tema ide yang muncul di kepala saya karena kemacetan adalah hal yang pasti terjadi ketika musim hujan di Jakarta dan solusi ini terdiri dari beberapa aktivitas.
Pertama adalah tentang Kendaraan Pribadi untuk Umum, caranya dengan membuat portal berisi jadwal pergi rutin, pick-up point, dan rute jalan yang biasa dilewati oleh “Penjemput” sehingga orang lain atau “Penumpang” dapat memilih rute tersebut untuk ditumpangi. Ide ini dapat membentuk kebiasaan baru yaitu dapat meningkatkan efisiensi kendaraan di Jakarta sehingga volume mobil berkurang.
Kedua mengusung tema Live Traffic Application dengan membuat aplikasi mobile yang berisikan peta Jakarta dilengkapi kondisi seputar jalanan Jakarta.
Ide Ketiga, jika diperhatikan salah satu penyebab kemacetan yang terjadi karena ketika hujan turun banyak pengedara motor akan menepi untuk memakai jas hujan dan hal tersebut akan berdampak pada kemacetan. Saya ingin mengajukan ide ini kepada pihak berwajib dengan Wajib Jas Hujan untuk Motor baik pada saat hujan maupun tidak. Dengan begitu maka jumlah pengendara motor yang berteduh untuk memakai jas hujan dan membuat kemacetan dapat diatasi.
Apa harapan Anda untuk perkembangan entrepreneurship di Indonesia?
Semoga semakin banyak lagi orang-orang memulai bisnis dalam sektor apapun, karena kesempatan tersebut masih sangat amat luas. Tetapi, saya yakin jika entrepreneurship di Indonesia akan berkembang dengan adanya dukungan, kerja keras, keuletan, proses dan waktu. Bagi saya semua adalah tentang movement dan di masa mendatang saya juga berharap dapat membuat bisnis sendiri dan bisa mendukung dalam seluruh kegiatan entrepreneur.
Apa harapan Anda untuk mengembangkan Indonesia yang lebih baik melalui entrepreneurship?
Very potential! Masyarakat Indonesia mampu mengembangkan jiwa entrepreneurship-nya, kita memiliki segalanya dimulai dari banyaknya masyarakat yang berjiwa kreatif dan roda putaran ekonomi yang cukup. Kita harus memulai pergerakan yang berarti dari diri sendiri, kita bisa menjadi negara dengan jiwa yang mandiri dengan bantuan SDA dan SDM serta sedikit sentuhan orang kreatif. Kita harus ingat Facebook saja bisa berkembang dan kita menggunakannya dalam kegiatan keseharian, kenapa kita tidak bisa menciptakan hal yang sama?!.
Adryan Hafizh, the 21 years old Entrepreneur, Winner of Idea Competition on Entrepreneur Invasion 2012.
sumber : 100preneur.com
Setelah mempelajari keseluruhan ide yang masuk dari peserta dan menentukan hasil akhir dengan beberapa aspek penilaian, yaitu dari segi kreatif, sosial dan bisnis, maka terpilihlah Adryan Hafizh sebagai pemenang. Mari mengenal lebih dekat dengan pemenang kompetisi ide dalam Entrepreneur Invasion 2012 melalui sesi tanya jawab seputar ide yang diajukan dan persepsinya tentang Entrepreneurship di Indonesia.
Bisa tolong diceritakan sedikit mengenai diri Anda?
Saya lulusan Bisnis Management, Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2012.
Keluarga saya memiliki bisnis yang bergerak di bidang properti, hal ini membuat saya tergerak untuk memilih jurusan Bisinis dan memutuskan bekerja dalam industri kreatif. Sekitar tahun 2009 saya memutuskan bersama teman-teman membentuk seni teater dan menjadikannya sebuah bisnis. Di pertengahan tahun 2011, seorang teman mengajak untuk merambah bisnis ke sektor food & beverage, dan Alhamdullilah di tahun ini bisnis tersebut sudah menginjak usia 1 tahun. Saya sangat senang berada di lingkungan yang produktif, karena akan mengubah mindset untuk menjadi lebih sukses. Dengan adanya dukungan dalam lingkungan saya, saat ini saya berani mencoba bisnis Digital yang berprinsipkan Collaborative Consumption.
Dari mana anda mendapatkan ide mengenai topik yang diberikan?
Bermula terhadap pandangan saya mengenai perilaku kaum urban, dimana anak muda sekarang memiliki daya beli tinggi, namun tidak memaksimalkannya untuk sumber daya yang belum terjamah. Sekarang ini sebaiknya masyarakat mengubah cara berpikir mereka dengan memaksimalkan apa yang mereka punya untuk berbagi dengan orang lain. Hal ini disebut dengan gaya hidup Collaborative Consumption.
Bisa tolong dijelaskan mengenai solusi yang anda ajukan?
Solusi ini bersifat menyeluruh dan incremental innovation atau inovasi merubah hal-hal kecil di dalam aktifitas sehari-hari. Jakarta Integrated Traffic Creative Solution sebagai tema ide yang muncul di kepala saya karena kemacetan adalah hal yang pasti terjadi ketika musim hujan di Jakarta dan solusi ini terdiri dari beberapa aktivitas.
Pertama adalah tentang Kendaraan Pribadi untuk Umum, caranya dengan membuat portal berisi jadwal pergi rutin, pick-up point, dan rute jalan yang biasa dilewati oleh “Penjemput” sehingga orang lain atau “Penumpang” dapat memilih rute tersebut untuk ditumpangi. Ide ini dapat membentuk kebiasaan baru yaitu dapat meningkatkan efisiensi kendaraan di Jakarta sehingga volume mobil berkurang.
Kedua mengusung tema Live Traffic Application dengan membuat aplikasi mobile yang berisikan peta Jakarta dilengkapi kondisi seputar jalanan Jakarta.
Ide Ketiga, jika diperhatikan salah satu penyebab kemacetan yang terjadi karena ketika hujan turun banyak pengedara motor akan menepi untuk memakai jas hujan dan hal tersebut akan berdampak pada kemacetan. Saya ingin mengajukan ide ini kepada pihak berwajib dengan Wajib Jas Hujan untuk Motor baik pada saat hujan maupun tidak. Dengan begitu maka jumlah pengendara motor yang berteduh untuk memakai jas hujan dan membuat kemacetan dapat diatasi.
Apa harapan Anda untuk perkembangan entrepreneurship di Indonesia?
Semoga semakin banyak lagi orang-orang memulai bisnis dalam sektor apapun, karena kesempatan tersebut masih sangat amat luas. Tetapi, saya yakin jika entrepreneurship di Indonesia akan berkembang dengan adanya dukungan, kerja keras, keuletan, proses dan waktu. Bagi saya semua adalah tentang movement dan di masa mendatang saya juga berharap dapat membuat bisnis sendiri dan bisa mendukung dalam seluruh kegiatan entrepreneur.
Apa harapan Anda untuk mengembangkan Indonesia yang lebih baik melalui entrepreneurship?
Very potential! Masyarakat Indonesia mampu mengembangkan jiwa entrepreneurship-nya, kita memiliki segalanya dimulai dari banyaknya masyarakat yang berjiwa kreatif dan roda putaran ekonomi yang cukup. Kita harus memulai pergerakan yang berarti dari diri sendiri, kita bisa menjadi negara dengan jiwa yang mandiri dengan bantuan SDA dan SDM serta sedikit sentuhan orang kreatif. Kita harus ingat Facebook saja bisa berkembang dan kita menggunakannya dalam kegiatan keseharian, kenapa kita tidak bisa menciptakan hal yang sama?!.
Adryan Hafizh, the 21 years old Entrepreneur, Winner of Idea Competition on Entrepreneur Invasion 2012.
sumber : 100preneur.com
0 comments :
Post a Comment